Review/Pricelist: MUA Lamaran, Akad, & Resepsi

Setelah book gedung (ceritanya disini), hal yang kedua yang langsung aku book adalah……. Make Up Artist!

Ya, teman-teman sudah pada mengingatkan untuk cepat-cepat book makeup artist karena sangat cepat full-booked, apalagi yang bagus dan sudah punya nama. Nah, untuk menghubungi makeup artist (MUA) kan biasanya melalui CP alias contact person. Aku juga akan mereview semua CP MUA biar kalian bisa tau apa yang bisa di-expect karena CP adalah interaksi dan/atau impresi pertama dengan si MUA. Makeup artist yang sempat kami research dan tanya-tanya adalah sbb:

Jasmine Lishava (Instagram: jasminelishava)

  • Ini MUA favoritku dari setahun yang lalu. Bener-bener suka bangeeeet sama gaya makeupnya yang soft tapi manglingi. Sayang banget, dia ga available di tanggal aku karena memang sedang off. Sedih sekali pada saat mendengar, tapi ya sudah apa mau dikata… Hehe.
  • Harga Jasmine untuk tahun 2017 adalah 13 juta untuk akad dan retouch resepsi (sudah termasuk trial dan hairdo) dan 3.5 juta untuk lamaran/pengajian (termasuk hairdo). Untuk pengajian, siraman, dan midodareni harganya 7 juta.
  • CP: Mbak Unik – Mbak Unik ini cukup ramah sih kalau ditanya-tanya dan suka memakai emoji, cuman suka slow response kadang-kadang. Kalau bertanya sama dia harus straightforward maunya apa.

Fitri Liza (IG: fitriliza) — MUA untuk Akad dan Resepsi

  • Baca reviewku tentang Mba Fitri dan team Sanggar Liza di hari pernikahanku disini

  • Ini MUA favorit kedua setelah Jasmine. Sebenarnya setelah nggak dapet Jasmine, aku lumayan kelimpungan dan kebingungan mau sama siapa. Sempat melihat-lihat yang lain tapi akhirnya kembali ke Fitri Liza lagi karena memang naksir sekali dengan magic hands Mbak Fitri.
  • Harga: Aku mengambil paket Platinum Akad Resepsi B dengan Mbak Fitri Liza yang sudah termasuk hairdo, makeup untuk kedua ibu penganten oleh asisten, dan untuk 6 among tamu perempuan oleh asisten. Banyak lagi sih sebenarnya (tata rias baju untuk penganten dan orang tua, dll), tapi tidak akan dipakai kalau tidak memakai kebaya atau baju dari mereka. Harga untuk paket yang aku pilih dengan Mbak Fitri di tahun ini 26.5 juta, padahal di tahun lalu (2015) masih 19 juta. Mbak Fitri sudah naik dari paket Diamond ke paket Platinum yang sejajar dengan Ibu Liza (founder Sanggar Liza). Agak shock pas pertama kali dengar kenaikannya, tetapi untungnya masih masuk budget kami dan Mama dan Calon Mertua sangat suka dengan make up Sanggar Liza karena kebetulan banyak saudara yang memakai juga.
  • CP: Sanggar Liza- Aku sempat menghubungi Sanggar Liza lewat e-mail yang langsung meminta dataku. Setelah meminta data, mereka mengirimkan beberapa paket, tapi setelah itu mereka meminta aku untuk menelfon saja dan tidak membalas email lagi. Agak menyebalkan sih, apalagi berhubung aku sedang studi di luar negeri. Di telfon, mereka juga kurang friendly dan terdengar agak nonchalant. Mungkin sudah capek ditelfon banyaaak sekali yang minta price list kali yaa. Untungnya setelah minta Mama yang menghubungi mereka dan datang langsung ke kantornya di Tebet, mereka jadi sopan banget dan malah banyak menawarkan services lainnya seperti kebaya dan fotografi. Mamaku juga sempat naksir sama souvenir tawaran mereka.

screen-shot-2016-12-07-at-4-59-37-pm

Foto ini diambil dari Instagram Mba Fitri Liza @fitriliza. Bagus dan halus sekali kan makeupnya?

Olis Herawati (IG: olisherawatiMUA untuk Malam Inai

  • Mbak Olis juga salah satu MUA favoritku di Instagram dan aku yakin beberapa tahun ke depan Mbak Olis akan jadi salah satu MUA kelas atas Indonesia.
  • Harga: Pricelist Mbak Olis masih cukup terjangkau lho! Untuk akad dan resepsi retouch dengan hairdo, Mbak Olis mematok harga 7.5 juta. Untuk lamaran dan pengajian, Mbak Olis mematok harga 1.5 juta dan tambahan 500 rb bila ingin hairdo juga. Aku memakai Mbak Olis berdua dengan Mamaku, dan harga Mama sama dengan harga untuk aku.
  • CP: Mbak Bella – Mbak Bella salah satu CP paling baik dan ramah menurutku. Dia juga really fast response. Senang sekali kalau CP yang seperti ini.

*Update November 2016*: Harga Mbak Olis sudah naik, brides! Wajar sih secara makeup Mbak Olis makin ngehits. Untuk akad dan resepsi retouch dengan hairdo, Mbak Olis sekarang mematok harga 9 juta. Kalau untuk acara 2 hari, jadi 16 juta. Untuk lamaran dan pengajian, Mbak Olis mematok harga 2 juta. CP Mbak Olis juga sudah berubah menjadi Mba Yanti. Mba Yanti juga orangnya cukup baik dan sangat knowledgable, tp mnrtku lebih fast response Mbak Bella.

*Update July 2017*: Aku sudah dimakeup oleh Mba Olis untuk acara malam inaiku dan aku sukaaaaaa banget dengan makeupnya. Makeup Mba Olis jauh lebih bagus aslinya dibanding di foto brides, even though di foto juga sudah bagus. Aduh, masih jatuh cinta deh sama Mba Olis yang juga sangat amat friendly. – AS & ASK Recommended!

Cintantya Prakasita (IG: makeupbycintantya) — MUA untuk Lamaran

Baca reviewku tentang Cintantya dan vendor lainnya di acara lamaranku disini ya!

  • Menurutku Cintantya adalah salah satu makeup artist yang betul-betul up and coming di Indonesia, brides! Makeupnya halus dan bagus banget lho. Aku sangat merekomen untuk melihat-lihat Instagram dia kalau mau mencari MUA yang oke punya.
  • Ssst, harganya juga masih terjangkau banget! Di tahun 2016, makeup and hairdo for bride and groom itu 4 juta (include makeup test dan 1x retouch bride). Untuk engagement harganya 800 ribu, whereas untuk engagement dan pengajian harganya 1.2 juta. Untuk hairdo, harganya 250 ribu. Mungkin sekarang sudah naik kali ya untuk harga 2017, jadi harus ditanya ulang ke Cintantya langsung untuk pricelist terbarunya.
  • Pada saat aku booking tahun lalu, contact person Cintantya masih dirinya sendiri di LINE. Kadang Cintantya suka slow response karena Cintantya sendiri mahasiswi kedokteran kalau tidak salah, jadi sabar saja brides. Pasti dibales kok. Sekarang sepertinya Cintantya sudah punya asisten untuk urusan booking, jadi hopefully pertanyaan akan lebih cepat dijawab.

Irwan Riady (IG: irwanriady)

  • Untuk MUA nomor 1 se-Indonesia, Mas Irwan ternyata masih relatively terjangkau lho, misalnya dibandingkan dengan Anpa Suha (yang 19 juta untuk akad dan resepsi retouch di tahun 2015, belum tahu untuk tahun ini). Mas Irwan mematok harga 18 juta untuk makeup dan hairdo akad dan retouch resepsi (sudah termasuk tes makeup juga yang bisa digantikan dengan prewedding makeup DAN free 2 orang makeup dan hairdo). Nah, kalau mau dengan makeup saja dan tidak hairdo, Mas Irwan mematok harga 12.5 juta. Lumayan, kan?
  • CP: Mbak Hanae – Mbak Hanae juga sangat baik dan fast response. Senang deh berinteraksi dengan Mbak Hanae yang helpful.
  • Aku akhirnya tidak dengan Mas Irwan karena setelah dipikir-pikir, aku akan lebih nyaman dengan MUA yang perempuan. Tapi kalau tidak masalah dengan ini, Mas Irwan sangat highly recommended deh! Bagus banget makeupnya.

Allyssa Hawadi (IG: allyssahawadi )

  • Allyssa adalah salah satu MUA yang rising stars di Instagram dan menurutku lumayan bagus, tapi to be honest, more expensive than I had expected vis-a-vis her quality or name recognition. Aku sempat terpikir untuk memakai Allyssa untuk lamaran atau pengajianku. Allyssa mematok harga 2 juta untuk lamaran dan pengajian dengan hairdo, sama dengan Mbak Olis. Berhubung CP-nya Mbak Olis menurutku lebih friendly, aku akhirnya dengan Mbak Olis saja. Yak, tingkat keramahan CP memang berpengaruh sekali untuk pilihan vendor aku. Untuk akad dan resepsi, harga Allyssa 15 juta termasuk hairdo dan test makeup.
  • CP: Mbak Alia – Menurutku kurang ramah, sayangnya. Pada saat aku menanyakan price list dan tanggal hanya mengirimkan foto price list dan tidak membalas availability tanggal aku. Setelah ditanya kedua kali baru menjawab dan setelah itu 2 kali menanyakan aku akan booking atau tidak. Aku merasa agak diburu-buru, tidak seperti CP yg lain. Tapi, Allyssa-nya sendiri sepertinya cukup friendly dari interaksi dia dengan klien di Instagram-nya.

Vizzily (IG: vizzily)

  • Menurutku makeup Vizzily juga lumayan bagus dan wow dengan CP yang lumayan fast response (sepertinya dirinya sendiri dan tidak memakai asisten). Vizzily mematok harga 12 juta untuk akad dan resepsi retouch dan hairdo. Untuk lamaran/pengajian, harganya 3 juta juga termasuk hairdo.
  • Aku baru tau Vizzily belakangan ini dibanding MUA yang lain, walaupun sepertinya dia sudah lumayan terkenal. Berhubung lebih mahal, aku akhirnya pakai Mbak Olis untuk lamaran dan pengajian.

Anpa Suha (IG: anpasuha)

  • Nah, menurutku Anpa Suha adalah salah satu makeup artis paling bagus di Indonesia, no question about it. Sayangnya, harganya terlalu mahal menurutku. Yah, memang teorinya ada harga ada rupa sih. Di tahun 2015, Anpa mematok harga 19 juta untuk makeup akad dan resepsi termasuk hairdo. Untuk lamaran/pengajian, harganya 5 juta. CP Mas Anpa juga fast response kok. Untuk informasi tambahan, kalau mau mengundang Mas Anpa untuk makeup ke luar kota, siap-siap untuk membayar tiket bisnis di Garuda Indonesia (plus 2 tiket ekonomi lainnya) dan transpor antar jemput standby 24 jam untuk Mas Anpa.

Baca juga tentang review dan pricelist vendor dekorasi disini, atau hasil riset aku tentang honeymoon resort di Indonesia (selain di Bali) disini!

Beberapa makeup artis yang menurutku cukup oke lainnya:

Petty Kaligis (IG: petty_kaligis)

Petty Kaligis, of course, adalah salah satu MUA wedding yang paling ngehits di Indonesia. Aku personally kurang cocok, karena buat aku kadang makeup-nya Petty suka merah/pink banget blush-onnya for my taste (tapi, katanya sih ini memang ciri khasnya dia dan mungkin bisa disesuaikan dengan request kalian sendiri). Teman-temanku yang memakai dia bilang dia baik dan telaten banget lho. Petty mematok harga 10 juta untuk makeup akad dan resepsi termasuk hairdo. Untuk lamaran/pengajian, harganya 2.5 juta dan 3 juta dengan hairdo. Ini untuk tahun 2016 ya.

Marlene Hariman (IG: marlenehariman)

Marlene mematok harga 15 juta untuk makeup akad dan resepsi termasuk hairdo dan test makeup. Tanpa test makeup, harganya 13 juta. Makeup dan hairdo untuk pengajian, siraman, dan midodareni harganya 10 juta. Untuk lamaran/pengajian, harganya 6 juta (whoa!). Ini adalah pricelist 2017 ya ladies.

 

Last but not least, ini link untuk price list MUA lainnya. Check it out!:

(Ada pricelist Bu Tienuk Rifki yang legendaris lho!)

https://asandask.wordpress.com/2016/11/30/pricelist-makeup-artist-2017-part-ii/
https://thebrideview.wordpress.com/2016/02/17/pricelist-make-up-hair-do/

–AS

One thought on “Review/Pricelist: MUA Lamaran, Akad, & Resepsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s