Wedding Venue in Jakarta

Halo!

Blog pertama kami adalah mengenai wedding venue. Setelah menentukan jumlah tamu (sekitar 2500 tamu), kami memantapkan untuk menikah di Balai. Oh iya, tips dari kami, kalau para calon penganten ingin mengetahui harga venue lainnya, seperti di hotel, bisa juga langsung ke website BrideStory dan request pricelist. Biasanya akan dibalas dalam 2×24 jam.

Berikut adalah beberapa pilihan utama wedding venue kami:

Balai Samudera

Awal tertarik dengan Balai Samudera sejujurnya karena lokasinya yang dekat dengan rumah dan parkirannya yang sangat luas. Bener lho, Ayah kami betul-betul keukeuh menginginkan wedding venue dengan parkiran yang luas. Biar tidak merepotkan tamu, katanya. Jadilah, kami mulai lebih banyak mencari tahu tentang Balsam.

Harga Balsam sebetulnya cukup tinggi tapi berhubung sangat luas dan memang sudah sreg dengan tempatnya yang bagus dan dekat dengan rumah, kami akhirnya memilih Balsam.

Untuk harga pernikahan malam hari, Balsam mematok harga IDR 65 juta. Untuk di siang hari, IDR 60 juta (harga 2016). Mereka sudah punya rekanan sendiri untuk vendor fotografi, dekorasi, dan makanan (harus rekanan, tidak boleh dari luar), sehingga ada biaya non-rekanan untuk di luar list tersebut, yaitu 10 juta untuk fotografer dan 15 juta untuk dekorasi.

Untuk lebih banyak info tentang Balsam, bisa langsung dicek ke websitenya, ada list rekanan dan rincian lainnya disana juga. Marketing Balsam cukup friendly dan bisa langsung datang saja bila tertarik untuk book tempat ini.

Website: http://www.balaisamudera.com/

Brides, sudah tahu kalau salah satu rekanan catering Balai Samudera adalah Dwi Tunggal Citra (DTC)? Baca quick review aku tentang mereka disini ya!

Grand Ballroom Sasana Kriya, TMII

Sasana Kriya harganya sedikit lebih murah dari Balsam, namun gedungnya terlihat sedikit lebih tua dan tidak sebagus Balsam menurut kami. Kami juga kurang sreg kalau tamu kami harus membayar tiket masuk TMII. Akhirnya, kami memilih untuk tidak memakai Sasana Kriya. Untuk harga:

Grand Ballroom (muat 3000 tamu): IDR 53.5 juta. Bila termasuk makan, jadi IDR 462 juta minimum 2000 px.

TMII juga menyediakan Mandira (IDR 26.5 juta untuk 1000 px atau IDR 262 juta dengan makan) dan Carani Ballroom (IDR 21 juta untuk 800 px atau IDR 218 juta dengan makan) yang lebih kecil. Yang lumayan keren, website TMII menyediakan ketersediaan ballroom juga lho! (http://www.sasanakriya.id/ketersediaan-ballroom/)

Website: http://www.sasanakriya.id/

Kartika Expo, Balai Kartini

Pilihan ketiga kami, Kartika Expo, juga sempat dikunjungi. Namun, berhubung Kartika Expo harus memakai vendor makanan in-house mereka sendiri yang rasanya menurut feedback dari teman-teman kurang enak, kami tidak jadi memakai Kartika Expo. Mama kami juga kurang suka dengan standard ceiling decoration mereka (semacam kain gold dan putih) dan Ibu kami juga kurang sreg dengan karpet abu-abu dan layout gedungnya yang biasa dipakai untuk exhibition. Kekhawatiran terakhir adalah bila banyak yang menikah pada tanggal yang sama di hall lainnya, parkir akan semakin terbatas. Untuk harga:

Paket 1500 tamu – KARTIKA ROYAL WEDDING PACKAGE: IDR 480 juta dan additional buffet IDR 215000++ per px, sudah termasuk makanan.

Paket 2650 tamu – KARTIKA GRAND WEDDING PACKAGE: IDR 710 juta dan additional buffet IDR 215000++ per px, sudah termasuk makanan.

Untuk Balai Kartini-nya sendiri juga ada Raflesia Wedding Package (mulai dari IDR 264 juta untuk 1000 tamu), Mawar Wedding Package (mulai dari IDR 176.4 juta untuk 600 tamu), dan package lainnya. Namun, maksimalnya adalah untuk 1250 tamu dan tidak cukup untuk kami. Harga dan rinciannya bisa dilihat di website.

Teman kami yang menikah disini juga bilang bahwa besar kemungkinan akan ada plus-plus-nya lagi di atas harga tsb, jadi please take that into account ya!

Websitenya cukup lengkap: http://balaikartini.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s