Review/Pricelist: Fotografer & Videografer Pernikahan

Phew! Setelah booking gedung dan MUA, kami mulai bergegas untuk booking fotografer. Iya, berhubung kami sering membaca atau dapat pengalaman dari teman kalau fotografer yang dia mau di hari H sudah full-booked, kami langsung bergegas untuk booking fotografer. Seperti di post tentang MUA, kami akan sharing tentang pengalaman dengan CP mereka, kisaran pricelist mereka, serta pendapat kami soal gaya fotografi mereka.

Untuk kami, kami kepinginnya punya fotografer dan videografer yang sama, karena males ribet. Jadinya kami memang sengaja mencari vendor yang foto dan video-nya sama-sama bagus. Faktor-faktor yang kami pertimbangkan untuk pemilihan vendor foto dan video adalah sbb:

  1. Harga – Tentunya ini jadi pertimbangan untuk setiap vendor ya 🙂
  2. Jumlah fotografer & album – Apakah ada 2 atau 3 fotografer? Kami betul-betul keukeuh ingin mendapatkan 3 fotografer apalagi untuk resepsi karena sepertinya 2 akan kurang. Tentunya, kalau bisa mendapatkan main photographer si vendor. Jumlah album dan halaman di dalamnya juga patut diperhitungkan.
  3. Kualitas video – Nah, untuk kami kualitas foto dari para vendor sebetulnya mirip-mirip saja ya. Tidak jauh berbeda berdasarkan kualitas. Yang jadi distinguishing factor buat kami adalah videografi. Makanya, kami sering dan niat banget visit Youtube page vendor-vendor kesukaan kami. Selalu excited sekali setiap kali ada video baru dari mereka.
  4. Add-ons – Apakah mereka menyediakan layar, jimmy jib, same day edit, dll? Mahal tidak?
  5. Lama bekerja dalam sehari – Apakah betul-betul bekerja seharian ataukah ada limitnya?
  6. Yang paling penting untuk kami – Apakah mereka berhasil menangkap emosi penganten dan keluarga? Kami tidak mau foto-fotonya hanya tentang mewahnya pesta atau bagusnya dekorasi.

Berikut adalah fotografer yang kami hubungi dan akan kami review:

Kalau kalian klik di nama fotografernya yang berwarna pink, akan langsung dilink ke IG mereka ya brides!

  • Fotologue
    • Nah, dari hasil cari-cari vendor fotografi, kami menemukan satu yang cocok banget buat kami dan alhamdulillah para orang tua juga suka. Fotologue berhasil banget menangkap emosi calon penganten. Ini salah satu video favorit kami dari Fotologue. Memang sih, pengantennya juga lucu dan kelihatan banget saling sayang, so that really helps 🙂 :
    • Fotologue menyediakan berbagai macam paket fotografi. Ada yang sehari saja (akad dan resepsi), ada yang 2 hari, ada yang 2 hari dan acara adat juga. Pokoknya lengkap deh. Harganya mulai dari 26 juta (untuk akad dan resepsi sehari). Untuk cinematic wedding video, harganya 13.5 juta dan untuk lamaran, starting from 5 juta (file only). Yang paling aku suka dari Fotologue adalah mereka menyediakan 3 fotografer untuk resepsi sebagai standar, dan mereka benar-benar kerja sehari penuh, tidak seperti vendor lain yang kadang ada batas jamnya.
    • CP: Mas Dimas (owner) – Mas Dimas baik dan helpful. Dia juga sopan banget deh dan bersedia ditanyain banyaaak tete bengek oleh Mamaku. Dia juga nggak ribet soal ketemuan untuk lihat album, pembayaran, dll. Aku merekomen Fotologue. Do check out their Instagram! 

 

  • Antijitters
    • Kami sebetulnya naksir berat dengan photosnya Antijitters – bagus dan dapet banget emosinya, tapi merasa video-nya kadang sreg banget tapi kadang juga tidak. Jadinya kami reconsider Antijitters deh.
      • *Update Maret 2017: video-videonya Antijitters semakin consistently bagus, brides! Go check them out on their Youtube page!
    • Sayangnya aku sudah tidak ada lagi pricelist dari Antijitters, tapi seingatku harganya cukup mirip dengan Fotologue, mungkin lebih murah sedikit.
    • CP: Mbak Meutia (director) – Mbak Meutia baik dan down to earth banget deh. Dia juga nawarin kami harga 2015 walaupun pernikahan kami tahun 2017 karena kami nanya-nanya udah dari tahun lalu. Karena Mbak Meutia memang directornya, dia bisa langsung bikin keputusan tentang pricing.

 

  • Soe & Su
    • Berhubung ada beberapa teman kami yang memakai dan merekomen Soe & Su, kami juga sempat menanyakan pricelist ke mereka. Sayangnya, Soe&Su di luar budget kami. Untuk acara satu hari, paketnya mulai dari 45 juta untuk yang Team Package (paket paling basic) dan kalau mau dengan Full Team Principal Photographer 90 juta. Jadi, gak sanggup deh, hehehe. Belum lagi dengan tambahan foto acara adat…. In short, harganya hampir setara Axioo yang disebut-sebut fotografer wedding paling mahal di Indonesia.
    • Soe & Su punya versi lebih terjangkau yaitu Clipa Wedding Package yang dimulai dari 20 juta. Kata Mas Heince sih perbedaan utama terletak pada albumnya.
    • CP: Mas Heince  – Mas Heince ini juga ramah banget dan helpful banget. No complaints whatsoever deh. Dia bahkan follow-up juga ke kami menanyakan apakah masih akan consider Soe&Su.

(Merasa photographers yang aku mention disini di atas budget? Check out blog post aku tentang vendor foto yang lebih low-budget tapi kualitas tinggi disini!)

  • Uppermost Photography
    • Awal  naksir sama Uppermost adalah karena gaya foto yang khas bangetnya itu lho. Kemudian video mereka di Youtube juga bagus-bagus. Mereka juga menang beberapa awards wedding photographer dunia, keren deh. Tapi akhirnya kami jadi agak sangsi karena gayanya yang terlalu artsy untuk selera kami.
    • Harga Uppermost mulai dari 21 juta (1 main photographer dan 1 assistant photographer) untuk sehari sampai dengan 72 juta (2 main photographers).
    • CP: Mbak Suri – Mbak Suri cukup oke dan helpful kok. Dia juga fast response dan sempat meng-update apakah kami masih reconsider Uppermost.

 

  • Why Moments
    • Berhubung teman-teman kami ada beberapa yang memakai WM, kami juga sempat tanya pricelist mereka. Oh iya, kalau deal di pameran, bisa dapat harga yang jauh lebih murah lho dengan mereka!
    • Why Moments mematok harga 64.5 juta untuk wedding photo, video, dan extra day dengan foto dan video (2 fotografer). Untuk 3 fotografer, mereka mematok harga 81.5 juta. Di luar budget kami juga sepertinya untuk yang 3 fotografer.
    • CP: Mbak Lia – Mbak Lia cukup baik dan informatif.

 

  • LeMotion Photo
    • Awal ketertarikan kami dengan LeMotion adalah karena mereka rajin meng-upload video ke Youtube dan kebetulan video-videonya lumayan sreg dengan selera kami. Untuk fotonya juga cukup bagus kok di Instagram.
    • Mereka menawarkan paket 67.5 juta all-in yang sudah termasuk Wedding Day Photo, Cinema, dan Prewedding dengan 3 fotografer. Ada juga paket yang lebih simple dengan harga 45 juta tapi hanya dengan 2 fotografer. Yang buat kami jadi berpikir 2 kali tentang LeMotion adalah karena fotografer LeMotion hanya bekerja 8 jam sehari, walaupun sepertinya bisa nambah jam dengan charge.
    • CP: Hanya lewat email, tapi sangat fast response.

 

  • Jacky Suharto Photography
    • Kalau sudah sering mantengin Bridedept atau Bridestory pasti tidak asing lagi ya dengan Jaysu. Foto-fotonya Jaysu harus diakui memang bagus dan artsy sih, walaupun bukan selera aku untuk wedding photography. Mungkin karena aslinya Mas Jaysu-nya kan memang fotografer fashion. Harga sehari dengan 1-2 acara mulai dari 38.5 juta (untuk Jaysu sendiri) sampai 46.5 juta (untuk Jaysu and team).
    • CP: Mbak Shinta, istrinya Mas Jacky ini orangnya baik dan ramah banget! Pokoknya kalau memang Mas Jacky seleranya kalian, you should go for it.

Stay tuned ya untuk update kami! Blog post kami yang berikutnya adalah tentang memilih wedding organizer. 

–AS & ASK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s