Review/Pricelist: Wedding Organizer

Nah, di blog ini kami akan membahas beberapa wedding organizers yang sempat kami hubungi dan tanyakan price list. Setelah banyak tanya-tanya soal WO, faktor-faktor pemilihan WO yang paling penting buat kami:

  1. Enak diajak ngobrol: Tentunya, WO adalah salah satu vendor paling penting (kalau bukan yang terpenting) untuk pesta kita. Jadinya, kami mencari WO yang pas diajak bicara langsung klop. Kami juga menghindari WO yang suka terlalu menggurui atau yang sombong karena merasa klien sudah papan atas.
  2. Bukan tukang gosip: Wah, ini salah satu yang paling penting yang tidak boleh di-overlook oleh para bride-to-be dan yang baru kami pelajari sekarang. Hati-hati kalau wedding organizer kalian suka membicarakan kliennya yang lain, karena tentunya mereka juga sangat mungkin membicarakan kalian nantinya. Tidak mau kan budget pernikahan atau masalah keluarga jadi konsumsi publik? Pastikan WO yang kalian pilih menjunjung tinggi client confidentiality dan tahu batasan mereka.
  3. Jujur, tegas, dan helpful: Sangat penting apalagi untuk memastikan vendor lain tidak curang dan tepat waktu.
  4. Berpengalaman: Agak seram juga kalau memakai WO yang masih baru apalagi kalau untuk handle pernikahan dengan tamu yang cukup banyak. Kami juga baca-baca kalau WO yang team-nya masih terlalu muda kadang susah untuk mediasi dengan keluarga atau vendor, jadi kami mencari WO yang sedikit lebih tua tim dan umur perusahaannya.
  5. Fast response dan on time: Gawat deh kalau WO tidak fast response dan selalu telat, brides.

List vendor yang akan kami review dan berikan kisaran pricelist adalah sbb. Biasanya kami meminta price dengan patokan 2000 tamu:

  • Chandira: Mbak Yani owner-nya Chandira gaul dan cukup ramah. Chandira menawarkan harga 25 juta untuk full service akad nikah dan resepsi (total 14 orang yang standby).
  • Promessa Wedding: CP Promessa, Mbak Andrika baik banget! Mereka menawarkan kami 26 juta untuk service hari H saja. Mereka biasanya kerja D-60 hari tapi tidak saklek kok. Akan ada 12 orang yang standby untuk resepsi.
  • Artea: Artea juga salah satu WO yang sudah sangat terkenal dan sering muncul di Bridedept. Untuk full planner, mereka mematok harga 45 juta dan untuk D-day (akad dan resepsi) 32 juta. Akan ada 10 orang standby untuk resepsi dengan tamu 800 orang.
  • Big Enterprise WO: Big Enterprise terkenal sebagai salah satu WO paling terkenal di Indonesia. Mereka sudah biasa handle pesta-pesta dengan tamu yang banyak. Kalau mau minta pricelist mereka, mereka akan sesuaikan dengan venue dan jumlah tamu. Kami ditawari biaya 65 juta (tahun 2015) dan belum termasuk biaya penginapan crew dekat venue.

Berhubung sekarang sudah tahu tentang WO, baca juga tentang vendor dekor, vendor foto, atau inspirasi foto preweddingku di Inggris ya brides!

  • Pranatacara: Pranatacara adalah salah satu WO yang sudah terkenal bonafit di Indonesia. Mas Gandy CP Pranatacara baik dan helpful sekali. Tetapi kalau mau meminta quotation dari mereka, harus bertemu dulu. Bisa dimana aja kok.
  • Multi Kreasi Enterprise: MKE is known to be the best (and one of the most expensive) wedding organizers in Indonesia. Camerku sudah beberapa kali datang ke nikahan yang mereka urus dan memang dia bilang alur tamu rapi, VIP juga semua beres. Untuk biaya hari H saja, MKE mematok harga lebih dari 100 juta (tahun 2017). Well, ada harga ada rupa ya.
  • Adhyakti: Adhyakti juga adalah salah satu WO yang up and coming namun berkelas. Beberapa temanku memang memakai Adhyakti memuji performance mereka. Mbak Roro, ownernya juga orangnya baik dan gerak cepat. Expect to pay about 50 million IDR untuk acara hari H.
  • Bantu Manten: Kami sempat meminta pricelist ke Bantu Manten dan mereka respon dengan sangat cepat dan baik. Sayangnya, setelah kami infokan lokasi dan jumlah tamu kami, mereka ingin meminta info dari venue, jadi mereka menunggu venue sebelum menentukan harga. Akhirnya kami tidak pernah dapat quotation dari mereka.
  • United WO: Aku sempat menghubungi United WO tapi mereka agak terkesan kurang ramah. Setelah aku browsing, aku juga sempat melihat beberapa review kurang bagus tentang mereka (disini dan disini) jadi aku semakin mantap untuk tidak memilih mereka menjadi WOku, walaupun reviewnya sebetulnya sudah agak tua dan mungkin mereka sudah lebih baik sekarang. Di tahun 2015, mereka menawarkan harga 19.7 juta untuk full planner dengan 12 orang standby dan maksimum VIP 20 pasang.

Apa saja sih isu sensitif yang bisa muncul saat menyiapkan pesta pernikahan? Baca tips menyiasatinya a la AS & ASK disini ya! 

  • Amaya: Untuk yang satu ini, sebenarnya kami sangat tertarik untuk memakai mereka karena wedding yang mereka biasa persiapkan mirip dengan kami secara venue. Apa daya, mereka tidak pernah membalas email maupun WhatsApp. Padahal sudah dihubungi berkali-kali. Kecewa banget sih sama vendor yang ini, karena kami bahkan sempat mengundur ketemu WO lain menunggu mereka membalas. Ya sudah apa mau dikata memang tidak jodoh. Hehehe.

Sejauh ini kami belum deal dengan WO, tapi kami akan update pilihan WO kami nanti. Stay tuned ya!

-AS & ASK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s