Review/Pricelist: Vendor Dekorasi Pernikahan Tradisional

Halo semua,

Sekarang aku pengen membicarakan soal dekor. Nah, aku akan mereview 2 dekorator di Jakarta yang aku dan para orang tua sempet bener-bener datengin dan sampai kita tawar berkali-kali deh. Kedua dekorator tersebut adalah: 1) Suryo Decor; dan 2) Watie Iskandar Decor.

Suryo Decoration (Instagram)

Nah, pastinya para capeng sudah sering dengar kan soal Suryo, apalagi buat yang sering mantengin website Bride Dept, hehehe. Pokoknya Suryo memang sudah terkenal bagus banget, tetapi juga agak mahal. Awalnya aku email Suryo dan mereka baik dengan merespon bahwa mereka tidak pernah memberikan harga di email. Harus ketemu dan ngobrol langsung. Mereka cepat sekali mengerti konsep dan tema yang kami inginkan. Plus, mereka cukup fleksibel soal harga. Jadi misalnya, mereka menawarkan harga mereka dengan rincian mereka – nah capeng bisa berikan budget kamu, dan mereka akan atur sesuai budget kamu.

Untuk menghemat budget, Suryo juga menawarkan kami sister corporation mereka yaitu Rolas Decor (Instagram). Nah, Rolas ini line Suryo yang lebih affordable, tapi masih dengan brand-name Suryo. Tapi, Rolas tidak bisa menciptakan alat baru ya! Hanya bisa memakai peralatan yang sudah ada. Untuk di Balai Samudera dengan konsep yang kami inginkan, Suryo menawarkan kami harga yang cukup tinggi, hanya untuk resepsi saja dan belum termasuk acara yang di rumah ya. Untuk acara di rumah, kalau tidak salah mereka menawarkan kami harga di atas 35 juta oleh Rolas per acara.

Watie Iskandar Decoration (Instagram)

Jangan lupa baca ceritaku tentang performance Watie Iskandar di lamaranku, disini, dan pada hari H disini ya!

Mungkin para capeng juga pernah mendengar tentang the famous Tante Watie Iskandar. Nah, Tante Watie ini orangnya baik banget lho, dan bisa langsung ngertiin banget capeng maunya apa. Sekilas Tante Watie memang lebih mahal daripada Suryo, tapi offer yang dikasih pun jauh lebih banyak. Dengan kata lain, kalau offer rincian Watie Iskandar dikasih ke vendor lain yang pas awalnya terlihat lebih murah, penawaran harga si vendor itu bisa jadi membengkak kalau mau me-replika offer Watie Iskandar. Watie Iskandar juga bisa memberikan advice jujur tentang semua aspek pesta pernikahan, mulai dari baju sampai fotografi sampai artis. Pokoknya Tante Watie sudah seperti ibu kedua deh dalam urusan persiapan wedding. Nah, Tante Watie ini bener-bener tau deh cara menyenangkan dan memuaskan customer (terutama ibu-ibu yaaa..) dan bahkan bisa langsung link-in kita dengan vendor teman-temannya.

Oh iya, ini adalah dekor Tante Watie Iskandar di hari lamaran aku:

Mungkin Watie Iskandar lebih terkenal untuk adat Sumatra, tapi sebenarnya Tante Watie juga bisa banget dekor untuk adat Jawa dan bahkan adat internasional. Recommended banget deh Tante Watie. Dengan Tante Watie, you just know you’re in good hands. Dia sudah di bisnis dekorasi pernikahan lebih dari 20 tahun dan experience never lies, brides! Beneran tinggal bilang saja maunya seperti apa dan sama beliau pasti beres. Kita tidak usah susah-susah merinci seperti apa maunya kita. Apalagi aku orangnya tidak artsy sama sekali ya, jadi merasa beruntung sekali punya creative talent yang gercep dan cekatan seperti Tante Watie. Tante Watie juga orangnya perfeksionis banget, brides, jadi dia juga tidak akan mau memberikan sesuatu yang tidak maksimal. Berikut beberapa dekor Watie Iskandar yang jadi favorit aku.

 

(Masih bingung mencari WO? Perlu nggak sih pake WO? Ini pendapatku brides!)

Tips dari aku untuk memilih vendor dekor adalah sebagai berikut:

  1. Trust – kamu harus yakin kamu percaya sama si vendor untuk mengeksekusikan plan dekor kamu. Preferably dia sudah langsung bisa dapet bayangan konsep yang kamu inginkan tanpa harus menjelaskan dengan panjang lebar ya.
  2. Kontrak dan penawaran – diteliti benar ya capeng apa saja penawaran yang ada di offer! Memang sih, pas awal bingung banget karena tidak tahu apa arti kata-kata para dekorator (misalnya jenis bunga), dan mungkin juga belum kebayang bagaimana jadinya. Oleh karena itu, kalau bisa, minta sketch dan 3D yang pasti sesuai dengan apa yang sudah disetujui dengan layout venue kamu.
  3. Look around – nah, untuk dekor agak susah sih brides, karena sekali ketemu bisa memakan waktu lamaaa. Oleh karena itu, coba dikira-kira dulu price range dekorator kamu itu bagaimana sebelum ketemu, misalnya dari menanyakan teman yang pernah memakai mereka, atau melihat venue yang biasa mereka kerjakan. Jangan kaget ada beberapa dekorator yang bisa sampai M-M-an lho brides. Hehe.

    Untuk sekedar rough guideline dari sepengetahuan vendor hunting aku (I could be wrong, of course), dekorator paling tinggi harganya dan memang unik dan artsy sekali itu ada Suryanto atau Stupa Caspea (range harga kira-kira, lets just say, fantastis, untuk gedung kapasitas 2000+ tamu). Kemudian setelah itu ada semacam Airy Designs, Watie Iskandar, Ebimoekti, Suryo, Meriah Decor yang kira-kira price-range-nya mirip (expect to pay about 300 mil ++ untuk gedung kapasitas 2000+ tamu, seperti Dhanapala). Untuk harga yang lebih miring, contohnya ada Rumah Kampung, Garda Decoration, Azka Anggun, Des Iskandar, atau Mawarprada (range harga 100-150 juta ke atas untuk gedung kapasitas 2000+ tamu). Nah, untuk budget 50 juta ke atas ada Pesona Alamanda, Mitra Sekar Utama, Farah Decor, atau Sulthan Dekorasi. Again, these are rough guidelines hanya untuk mengkategorikan vendor biar ada bayangan awal. Harga offer kalian bisa jauh berbeda dengan harga yang tertera disini 🙂

  4. Additional stuff– makanya nih penting banget untuk meneliti penawaran awal. Kalau tidak, pasti akan menambah offer dan jatuhnya bisa lebih mahal lho. Misalnya, backdrop yang berbintang itu biayanya biasanya nambah lho dari backdrop biasa, karena ada lampunya.

Nah, last but not least, berikut adalah beberapa dekorator yang cukup oke dengan harga lebih affordable yang sempat aku hubungi juga, tapi hanya melalui email yah.

(Baca juga tentang vendor musik dan entertainmenku disini ya!)

Mawarprada Decoration: Mereka menawarkan paket mulai dari 100 juta untuk gedung berkapasitas 1000-1500 tamu.

Garda Decoration: Mereka menawarkan harga mulai dari 150 juta untuk di Balai Samudera. Mereka cukup niat lho membalas email dan membuat penawaran seperti tema yang kami mau.

Jonquilla Decoration: Mereka menawarkan harga mulai dari 90 juta (minimum charge). Berikut copy paste email mereka:

Dengan area seluas ballroom balai samudera, akan ada minimum charge Rp.90jt (harga ini harga utk 2016, akan disesuaikan kembali 1 thn – 15 bulan sebelum acara) yg termasuk dengan:
– meja angpao/ guest signing table (4) dengan flower decorations
– photo gallery 
– photo booth/ photo corner
– pelaminan dengan rangkaian bunga (disesuaikan tema), termasuk backdrop 
– standing flowers 8pcs
– VIP area (5 tables) with flowers centerpiece, matching decoration outlays
– handbouquet for bride and corsage for grooms
– a set of decorative lighting
– wedding arch or pergola to create a unique ambiance

10 thoughts on “Review/Pricelist: Vendor Dekorasi Pernikahan Tradisional

  1. Tari says:

    Halo mba, makasih banyak yaa review untuk vendor-vendornya. Menarik dan sangat membantu menurutku 🙂
    Kalau mba berkenan, apa boleh aku dikirimi perincian harga dekor dari ibu watie iskandar? Aku tertarik banget soalnya 😆
    Kalau boleh aku mau dikirimi ke emailku mba lestarifauziah@gmail.com. makasih banyak sebelumnya 😃

    Like

    • asandask says:

      Halo Mba Tari.. Terima kasih udah baca-baca di blog-ku. Untuk pricelist Watie Iskandar, coba langsung tanya saja ke Tante Watie, karena memang bisa beda harganya tergantung konsep dan lokasi yang diinginkan. Dia juga super cepet untuk kasih offer tetapi offernya tidak ada harga rinciannya, hanya harga total saja (kalau aku tidak salah ingat). Aku betul-betul rekomen untuk ketemu langsung dengan Tante Watie kalau memang tertarik.

      Untuk perkiraan harga, seperti yang aku sudah tulis di atas, dekor gedung kapasitas 2000 tamu (misalnya Dhanapala dan seukurannya) itu sekitar 300 all-in (tahun 2016) – tidak termasuk acara rumah. Mungkin bisa lebih murah atau lebih mahal, again, tergantung maunya kita. Semoga membantu sedikit yaa..

      Like

    • asandask says:

      Halo Mba Andhita,

      Terima kasih ya sudah berkunjung ke blog-ku. Untuk detail dekornya, maaf tapi aku tidak bisa memberikan karena terlalu banyak data yang confidential disitu (seperti harga total, offer lainnya, nama dan alamat aku dan para orang tua, dan detil acara lainnya). Mungkin nanti kalau aku sempet aku akan tambahin screenshot beberapa bagian dari offer di blog ini.

      Semoga persiapan pernikahannya lancar sampai hari H dan seterusnya, Mba Andhita.

      -AS

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s