Honeymoon Luxury Resorts in Indonesia (Besides Bali)

Click here for the English version of this blog post (currently work-in-progress).

Halo semua,

Untuk blog post aku kali ini, aku akan membahas resort atau hotel honeymoon di Indonesia yang super bagus selain Bali. Kebetulan karena aku dan calon suami akan tinggal di luar negeri selama beberapa tahun ke depan, kami memakai kesempatan honeymoon untuk mengeksplorasi negeri sendiri. Jujur, aku jarang sekali travel  di Indonesia.

Setelah BANYAK sekali mencari tau dan riset tentang resort honeymoon di Indonesia, aku akan menjabarkan beberapa yang menjadi favoritku. Aku dan calon suami prefer resort yang punya honeymoon package atau yang sudah termasuk makan jadi kami tidak usah repot-repot mencari makan di luar.

Aku akan membahas harga total setiap resort untuk bulan madu 4 malam di bulan Juli 2017.

THE LOMBOK LODGE (Lombok) — Website

Aku pertama kali penasaran dengan TLL karena dia mendapatkan perfect review score 5/5 di TripAdvisor dari 770++ reviews. Ada banyak tamu yang bilang kalau ini hotel terbaik yang mereka pernah inep-in, walaupun mereka sudah sering travel keliling dunia. Reviewers pada suka banget dengan pelayanan yang super top-notch (sampai staff tau nama tamu) dan five-course dinner setiap malamnya by Chef Jiwa Raga yang katanya nih sebanding dengan restoran Michelin star. Berhubung aku dan calon suami memang tukang makan banget dan seneng banget coba-coba makanan, kami jatuh cinta dengan offering 5-course dinner setiap malam ini. Oh iya, ada beberapa tamu yang disurprise dengan fireworks pribadi pada saat candlelit dinner mereka. Ga heran jadinya ada tamu yang nangis pas harus pergi dari tempat ini, saking terkesan banget (se-gitunya lho, brides).

TLL memang resort yang kecil, mereka hanya punya 9 kamar. Kami lebih prefer resort yang kecil jadi kami bisa lebih diperhatikan (anaknya suka caper, hehe). Dengan kata lain, you’re THE guest, not a guest. Setiap rate kamar disini sudah termasuk half-board, yaitu breakfast (boleh jam berapa saja suka-suka kita) dan 5-course dinner setiap malam. Harga honeymoon package di TLL per malam (minimal 4 malam) untuk Luxury Suite adalah 590 USD + 21% tax (di bulan yang aku inginkan, yaitu Juli 2017), menjadi total sekitar 9.5 juta per malam (714 USD/night). Honeymoon package-nya banyak kelebihannya, antara lain:

  • Accommodation for two, for 4 nights, in a Luxury Lodge Suite, Ocean view
  • Return Transfer Services, by private car, from the International Airport/Harbour of Lombok
  • Superb five-course dinners and full breakfasts for two – every day of stay
  • A bottle of Sparkling Wine on arrival, along with canapés
  • A delicious Honeymoon cake, by Chef Jiwa Raga
  • One private, romantic candle light Lobster Dinner at The Lodge private beach
  • An authentic ‘Indonesian Rijstafel Experience’ for two, during one night of your stay
  • One relaxing 60-min. massage & one luxurious 60-min. Shiseido facial per couple
  • The Lombok Lodge Signature Butler-Drawn Frangipani Honeymoon Bath Ritual (one per couple)
  • Daily shuttle service from The Lodge Private Beach to Gili Air; snorkelling and beach fun
  • Free In-Room WIFI internet
  • Daily complimentary afternoon tea upon request
  • Luxury Hermès Bathroom Amenities
  • Use of The Lodge Gym, The Lodge ‘APPS’ & Apple TV Movie/Music Entertainment System
  • Late check-out (2pm)

Aku pribadi jadi tertarik sekali dengan TLL karena paket honeymoon yang mereka sediakan. Ketahuan sekali kalau mereka memang sering deal dengan pasangan honeymoon dan tahu cara membuat mereka merasa spesial. Bagusnya lagi, booking di TLL bisa dibatalkan 15 hari sebelum hari menginap dan 45 hari kalau high season. TLL juga ada beberapa tur yang mereka sediakan dari hotel, yaitu picnic on the beach dan keliling Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Meno – snorkeling dan berenang bersama turtles – secara private (sekitar 3.35 juta + 21%tax). Kalau brides pengen cari resort honeymoon yang betul-betul exclusive, dijadikan ratu dan raja, dan personalized banget, you should go check out TLL!

Harga tiket Garuda Indonesia sekitar 3 juta per orang dan kalau memakai Citilink bisa lebih murah, yaitu sekitar 1.5 juta. Aku perkirakan, kalau mau honeymoon disini selama 4 malam akan keluar biaya total sekitar 3700 USD (49.4 juta), termasuk jajan-jajan, excursions, dll.

JEEVA SANTAI (Lombok) — Website — AS&ASK Vendor of Choice!

Jeeva Santai adalah salah satu resort bagian dari grup Jeeva. Jeeva juga memiliki resort lain seperti Jeeva Klui dan Jeeva Beloam. Sister resortnya Jeeva Santai, yaitu Jeeva Klui, lebih besar dan lebih friendly untuk anak-anak. Jarak antar Jeeva Santai dan Klui hanya 5 menit naik mobil dan disediakan transportasi gratis untuk para tamu, biasanya untuk makan atau pijit di beda resort. Menurutku Jeeva Resorts fasilitasnya paling mirip dengan The Lombok Lodge tanpa dinner karena mereka juga punya honeymoon package, yang terdiri dari:

  • Accommodation in a Santai Pool Villa
  • Welcome fruit basket/fresh fruit platter
  • Welcome wine
  • Welcome flowers in room
  • Specialty honeymoon cake
  • One romantic dinner for two guests
  • One Jeevaniya Bliss spa package for two guests
  • Daily breakfast for two guests
  • Complimentary round-trip airport or boat harbor transfer
  • Complimentary afternoon tea time
  • Complimentary WiFi

Rate kamar untuk 4 malam honeymoon package disini dengan pool villa adalah sekitar 1200 USD. Untuk aktivitas seperti snorkeling, Jeeva Santai meng-outsource-nya, jadi memang ada perusahaan tur yang kerjasama dengan mereka. Harganya not too bad, untuk pergi snorkeling ke 3 pulau Gili (Trawangan, Meno, dan Air) sekitar 1.2 juta. Kalau dengan makan, tiket, dan aktivitas harga total aku perkirakan sekitar 2,000 USD atau 27 juta rupiah all-in. Tapi ini memang kalau lumayan boros. Aku lihat di reviews TripAdvisor kalau mereka memang mencoba menciptakan resort kecil dengan 14 kamar yang adults-only. Disini, staf juga biasanya tahu nama tamu dan akan menyapa tamu dengan nama kita. Yang aku juga suka dari resort ini adalah ownernya, Pak Supriyanto, yang orang Indonesia juga sering membalas dan sangat memperhatikan reviews para tamu.

Selain pool villa, Jeeva Santai juga punya kamar lain yang ocean view dan garden view. Last but not least, mereka juga punya paket Honeymoon Adventure yang menarik banget karena juga menginap di Jeeva Beloam yang pantainya bagus banget – go check it out, brides!

AS & ASK Vendor Verdict: Setelah banyak pikir-pikir, kami akhirnya sampai pada 2 pilihan, yaitu TLL atau Jeeva Santai/Klui. Kenapa akhirnya Jeeva Santai? Alasannya adalah karena kebetulan kami mendapatkan kesempatan untuk honeymoon dua kali, jadi ingin lebih menghemat untuk honeymoon pertama yang di Lombok. Kalau honeymoon sekali, kami sepertinya akan memilih TLL. ASK juga lebih suka dengan arsitektur di Jeeva Santai daripada Jeeva Klui, sedangan aku lebih suka dengan resortnya yang lebih private. Di TripAdvisor, lebih banyak tamu yang memuji makanan di Santai daripada Klui. Kami sangat excited dan bersyukur bisa honeymoon di Jeeva Santai! So very much looking forward to it. 

santai-callout-poolvilla

Villa with private pool di Jeeva Santai, foto diambil dari website mereka

Luxury resorts lain di Lombok:

The Oberoi Lombok: website, rate mulai dari USD 440 untuk kamar Luxury Pavilion with Garden View per malam (including breakfast) — ini kamar paling basic mereka. Untuk kamar paling mahal, yaitu Luxury Villa with Sea View and Private Pool, harganya USD 892 dengan breakfast per malam.

Hotel Tugu Lombok: website, rate mulai dari USD 190 + 21% tax per malam untuk Bungalow with Garden View + Breakfast.

Katamaran Resort: website, total 4 malam half-board honeymoon package sekitar 20.5 jt. Walaupun review-nya Katamaran masih agak hit-and-miss, sepertinya mereka semakin improve resort mereka. Contohnya setelah banyak yang komplen tentang rasa makanan mereka, mereka hire chef baru dari Itali yang katanya memang jago banget di restoran The Kliff mereka. Oh iya, tapi paket half-board hanya berlaku untuk lunch/dinner di restoran The Sail mereka, bukan restoran The Kliff ya.

Qunci Villas Lombok: website, rate mulai dari USD 325 + 21% tax per malam untuk Romantic Getaway Package di Room with Private Pool.

Sudamala Lombok: website, aku perkirakan biaya total 4 malam untuk di private pool villa akan sekitar 2100 USD (28 juta) all in dengan makan, tiket, dan activities seperti snorkeling.

AMANWANA (Pulau Moyo) — Website

Mungkin brides pernah dengar Aman Group, pemilik luxury resorts seperti Amanjiwo di Jogjakarta (tempat David Beckham menginap), dan Amankila atau Amandari di Bali. Sudah tahu kan, yang punya Aman Group orang Indonesia lho! Hebat banget ya resortnya sudah mendunia. Nah, Aman Group juga punya resort di Pulau Moyo, yang terletak sekitar 1 jam dari Sumbawa Airport. Disini, tamu menginap di tenda, baik itu di dalam hutan atau di pinggir pantai. Menurut reviews, menginap di Amanwana bisa spesial sekali karena sering didatangi binatang-binatang seperti monyet, rusa, dll. Nah, para tamu di Trip Advisor menyarankan untuk menginap di tenda yang di pinggir pantai, tetapi tenda pantai lebih mahal daripada di hutan (entah kenapa jadi inget puisi Rangga di AADC, krik krik krik…).

Jika brides menginap disini 3 malam atau lebih, harga resort di Amanwana dimulai dari 650 USD + tax untuk semalam di tenda rainforest dan dari 800 USD + tax untuk di tenda pantai sudah dengan makan pagi, siang, dan malam. Amanwana juga mempunyai package Nature Experience (harga 875 USD per malam untuk forest tent dan 1,025 USD untuk sea tent), yang termasuk:

  • All meals
  • three activities
    • a guided excursion to a series of spring-fed, limestone waterfalls and cool freshwater jungle pools
    • a one-hour massage at Amanwana’s seaside Jungle Cove or spa tent
    • a beach dive on the Amanwana sea wall.

Kalau mau dijemput dari airport Sumbawa, tamu harus membayar 300 USD per orang return trip. Perjalanan dari airport akan memakan waktu sekitar 45 menit. Tiket dari Jakarta ke Sumbawa juga akan menghabiskan biaya sekitar 1 juta. Setelah kami hitung-hitung, biaya honeymoon di jungle tent untuk 4 malam akan menghabiskan setidaknya sekitar 5,500 USD (75 juta IDR) all in. Di ocean tent, sekitar 6,500 USD (87 juta IDR).

PULO CINTA ECO RESORT (Gorontalo) — Website

Dengan pantainya yang jernih dan overwater villas kayu-nya yang unik, tidak heran Pulo Cinta dijuluki Maldives van Gorontalo. Bila ingin menghemat dan tidak mau menghabiskan waktu perjalanan ke Maldives yang sekitar 10 jam terbang, Pulo Cinta bisa jadi opsi alternatif yang menarik nih, brides. Di Pulo Cinta, kamu bisa langsung lompat ke laut dari kamar overwater villa. Terlebih lagi, karena Pulo Cinta lokasinya remote, setiap malam kita tidur di bawah bintang-bintang yang gemerlap. Dan katanya makanan di Pulo Cinta enak banget dipersiapkan khusus untuk kamu dan pasangan. Pulo Cinta menyediakan paket honeymoon yang termasuk kamar, makan pagi siang malam, antar jemput dari airport, snorkeling, dan candlelit dinner seharga 4 juta per malam.

Processed with VSCO with hb2 preset

Pulo Cinta Eco Resort dari atas, foto diambil dari http://marischkaprudence.blogspot.co.uk

Perjalanan ke Pulo Cinta akan memakan waktu 5 jam untuk flight dari Jakarta ke Gorontalo (harga sekitar 6 juta untuk 2 tiket PP dengan Garuda Indonesia). Setelah sampai di airport, tamu akan dijemput oleh representative Pulo Cinta dan diantarkan ke resort dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Kami perkirakan, biaya honeymoon di overwater villa untuk 4 malam di Pulo Cinta akan menghabiskan sekitar 2,400 USD (32 juta IDR) all in. 

ARUMDALU (Belitong) — Website

Siapa sih yang tidak kenal dengan keindahan pantai di Belitong dengan pasirnya yang putih dan airnya yang jernih? Nah, di Belitong ada private resort baru lho brides, yaitu Arumdalu. Arumdalu ini tempatnya jauh dari keramaian dan dari foto sih memang kelihatannya indah banget deh. Mereka juga menyediakan banyak aktivitas untuk tamu (bisa dilihat disini), seperti kayaking, belajar membatik, sampai berkunjung ke rumah Ahok lho! Kami sempat consider untuk booking Simpur Villa, yang mempunyai fasilitas sebagai berikut:

  • Forest views
  • 320-400sqm Private Luxury Villa
  • 60 Sqm Room
  • State-of-the-art Breathing Gazebo
  • Separate Shower/WC
  • Luxury Bathtub
  • State-of-the-art Breathing Gazebo
  • Amenities by L’OCCITANE

ffff

Simpur Villa juga mempunyai private pool di setiap villa-nya. Sayangnya nih, di website Arumdalu tidak ada pilihan kamar yang sudah termasuk makan, jadi kami agak takut kalau makan disini akan memakan biaya yang banyak, secara di websitenya kelihatannya restorannya fine-dining semua. Hehehe. Aku sempat menanyakan mereka untuk paket honeymoon, dan mereka menyarankan aku untuk menginap di Keremunting Villa untuk honeymoon:

Keremunting – IDR 12,100,000 per night

Price of 1 room for 4 nights: IDR 48,400,000

Include: 3x meals, airport transfer, 2x VIP Tour, resort activities (Batik/ Shibori workshop, canoe and Arumdalu plantation)

Additional benefit: 1x romantic dinner

Berhubung kamar Simpur Villa di Arumdalu lebih murah, yaitu 7.5 juta per malam (termasuk airport transfer dan breakfast), aku sempat menanyakan mereka bagaimana kalau paket-honeymoon-nya digabung dengan Simpur Villa saja. Menurutku sih ini win-win solution karena aku tidak harus menginap di villa Keremunting tetapi aku mendapatkan perhatian lebih sebagai honeymooner. Mereka menjawab:

This full-board inclusion could be arrange with the Simpur Package, however there would be additional charge as. The additional cost would be:

  1. VIP Tour – IDR 4,000,000++ per room for 2 days (including car, boat and fuel)
  2. Batik workshop – IDR 300,000++ for 2 person
  3. Romantic Dinner – IDR 2,000,000++ for 2 person (3 courses menu + non alcoholic beverage)
  4. A la carte menu – starting from 250,000++ per meal for 1 person

Therefore if you calculated it, it would be cheaper for you to take the fullboard Package since we will arrange everything for you.

Jadinya, seperti yang aku expect, menginap di Arumdalu Belitong bisa mahal juga dengan semua plus-plusnya. Ditambah lagi, tiket pesawat dari Jakarta via Citilink sekitar 800 ribu. Dengan memikirkan excursion dan jajan-jajan lainnya (snorkeling, etc), kami perkirakan, biaya honeymoon untuk 4 malam di Keremunting Villa Arumdalu akan menghabiskan sekitar 3,900 USD (52 juta IDR) all in. Berhubung harga total-nya hampir sama dengan The Lombok Lodge, aku sepertinya akan lebih cenderung ke TLL, walaupun resort ini sejujurnya menarik sekali. Consideration aku adalah karena Arumdalu reviews-nya masih sedikit, jadi confidence aku lebih banyak ke TLL. Kalau saja harganya lebih murah yaa. Hihihi…

NIHIWATU (Sumba) — Website

Nihiwatu terkenal sebagai salah satu leading hotels of the world dan hotel terbaik di dunia berdasarkan Travel + Leisure Magazine, brides. Dengan konsep tree-house nya yang unik dan servis yang luar biasa, Nihiwatu betul-betul mendapatkan praise dari para tamunya. Harga Nihiwatu tergantung season nih, brides. Kalau sedang high season, kamar bisa hampir 2 kali lipat. Kalau di low season, harga kamar paling murah, yaitu di Sumba 1 bedroom villa adalah 750 USD per malam, termasuk all meals, accommodation, non alcoholic drinks, local excursions, wi-fi and many sea activities. Di high season, harganya menjadi 1350 USD.

Tapi, kalau WNI menginap disini, ada bonus khusus lho, brides! Untuk 3 malam disini, harganya adalah 29.5 juta + 21% tax, dengan total sekitar 36 juta (kalau tambah semalam harganya 14.5 juta + 21% tax). WNI juga mendapat bonus khusus lainnya seperti return airport transfer, pijit 1 jam untuk 2 orang, trekking ke Nihioka, dan resort credit sebesar 2 juta. Tiket pesawat dari Jakarta ke Tambolaka airport sekitar 4.2 juta return per orang. Sebagai WNI, kami perkirakan, biaya honeymoon untuk 4 malam di Nihiwatu akan menghabiskan sekitar 5,200 USD (70 juta IDR) all in, kalau dengan extra excursion dll. Kalau brides pergi di low season, sepertinya bisa lebih murah sekitar 15 juta.

Sekian dulu ya brides! Semoga bermanfaat. Kalau aku ada waktu, nanti akan aku update dengan:

PLATARAN (Pulau Komodo)

Honeymoon package disini sekitar 15 juta ++ untuk 4 hari 3 malam, yang termasuk:

Inclusions:

  • Welcome drink and cold towel upon arrival
  • Daily breakfast
  • A romantic dinner on the beach
  • A 90 minutes spa treatment for couple
  • Return airport transfers (from-to Labuan Bajo Komodo Airport)
  • Extra nights: Rp 3.75 million IDR ++ including breakfast

SILADEN RESORTS AND SPA (Bunaken)

BANYAN TREE (Bintan)

-AS & ASK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s