Review Vendor Undangan: By Ants/By Bee’s di Pasar Tebet

Halo semua,

Undanganku baru saja selesai dicetak dan aku mau me-review vendor undangan aku yaitu By Ants/By Bees di Pasar Tebet. Aku dan calonku sebetulnya tidak mau menghabiskan banyak untuk undangan, karena kami pikir kan akan dibuang juga. Jadinya, kami tidak banyak mencari-cari, langsung cus ke Pasar Tebet. Kami sempat consider Kartu Reva (Instagram) which is (katanya) memang vendor undangan paling bagus di Indonesia. Tapi, akhirnya tidak jadi mengingat harganya memang sepertinya akan out of budget. Teman-teman yang pakai Kartu Reva info kalau undangan yang selembar kertas saja itu mulai dari 15 ribu, whereas yang hardcover buku itu mulai dari 22 ribu (ini di tahun 2015 ya).

Jadilah aku dan para ibu pergi ke Pasar Tebet untuk vendor hunting. Setelah keliling-keliling sana sini, ke Duta Graphia (disini undangannya sebenarnya juga lumayan oke, tapi mbaknya kurang ramah jadi kami tidak lanjutkan), ke EBS Card (owner EBS yaitu Mbak Widhi, orangnya baik dan harga undangannya juga murah – bisa jadi pilihan nih brides), sampailah kami ke By Bee’s (alamatnya di Pasar Tebet Barat, Lt. Basement Blok C No 20). By Bee’s ini adalah subsidiary-nya By Ants. Nah, disini kami melihat beberapa macam undangan dan kami tertarik untuk punya undangan buku hardcover. Yang paling aku dan para ibu naksir seperti yang aku taruh fotonya di bawah. Undangan yg di kiri itu bintang-bintangnya pakai bubuk beludru dan logo-nya timbul. Undangan yang di kanan kami naksir dengan amplop warna emas dan emboss emas untuk namanya.

Harga yang seperti ini all-in, sudah dengan buku hardcover, bubuk beludru, amplop emas bahan glossy, dan nama diemboss, kira-kira 22rb ke atas tergantung kita cetak seberapa banyak (sedikit lebih mahal dari toko lain yang tidak ber-AC). Di dalam undangannya juga ada 4 halaman. Aku pikir, not too bad sih. Harganya akan lebih murah semakin banyak undangan yang kita cetak.

Oh iya, ini bukan berarti undangan dari By Ants range harganya hanya 20ribuan ya. Banyak model lain yang lebih simpel harganya pun jauh lebih miring. Disini juga harus pinter nawar. Yang aku suka adalah By Ants punya garansi 7 hari setelah cetak. Kalau ada yang cacat bisa dikembalikan minta yang baru. Mereka memang lebih mahal sedikit tapi mereka menjamin mutu, tidak seperti toko lain yang malah suka telat kerjanya atau yang lebih parah, marah-marah ke kita kalau kita komplen (banyak lho yang seperti ini di Pasar Tebet, jadi harus hati-hati).

Baca tentang isi seserahanku disini, brides!

Akhirnya kami memilih untuk cetak buku hardcover 4 halaman dengan amplop emas. Halaman pertama ada doa, kedua resepsi dalam bahasa Indonesia, ketiga dalam bahasa Inggris, dan terakhir denah lokasi. Kami dikirim desain seperti ini, untuk acara adat Bengkulu dan Jawa. Bunga-bunga (raflesia) dan bintang-bintang-nya timbul dengan bubuk beludru, dan rumah Bengkulu dan galungan Jawa-nya juga tempelan emboss. Oh iya, rumah Bengkulu dan bunga raflesia-nya juga By Bee’s yang design. Kami hanya memberi contoh.

IMG_3189

IMG_3319

Setelah beberapa kali revisi melalui email dan secara langsung, kami akhirnya dapet final design yang harus kami ACC sebelum dicetak. Proses revisi bisa memakan waktu yang lama sih brides, bahkan lebih lama dari mencetak, so be aware of that. Buat kami, proses revisi memakan waktu sekitar 2-3 bulan, lupa persisnya berapa lama. Setelah naik cetak, kami hanya menunggu sekitar 1 bulan kalau tidak salah. Oh iya, teks undangan kami juga ada background bintang atau bunga seperti halaman covernya.

IMG_3317

Hasil akhir undangannya belum aku share disini, karena memang undangan belum disebar. Kalau nanti sudah dibagikan, aku mungkin akan share ­čÖé

AS & ASK’s Vendor Verdict: By Bee’s kerjanya cepet dan bagus. Alhamdulillah kita semua cocok dengan hasil undangan. Setelah mencetak undangan dengan mereka, kami juga mencetak kartu VIP, undangan pengajian, dan buku tamu di By Bee’s. Pokoknya sesuai deh dengan ekspektasi kami. I recommend them and go check them out, brides! Oh iya, ini ekspresi profesor-profesornya ASK pada saat diberikan undangan. Mereka senang dan impressed banget sama undangannya, hehehe ­čÖé

IMG_5484

-AS & ASK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s