Review Vendor Pernikahan Part II

Lanjut yaaa review vendor pernikahanku. Baca part I disini.

Baca juga perasaanku jadi penganten disini.

Perlu aku note bahwa aku termasuk orang yang tidak pelit memberi nilai. Kalau vendor tersebut memenuhi ekspektasi tanpa kekurangan, aku pasti kasih 10. Kalau orang lain kan mungkin hanya baru kasih 10 kalau benar-benar luar biasa. Aku tidak begitu. Oleh karena itu, monggo dibaca yaa penjelasan dariku untuk review yang lebih bermanfaat.

Makeup Artist, Paes, dan Adat Jawa: Fitri Liza dan Sanggar Liza (9.5/10)

Siapa sih yang tidak kenal dengan Sanggar Liza di dunia per-wedding-an Indonesia? Aku beruntung bisa berjodoh didandanin oleh Mbak Fitri di akad dan kedua resepsiku. Mbak Fitri orangnya kalem tapi skilled dan juga sigap mengambil keputusan. Makeupku juga baguuus, halus, dan manglingi, walaupun aku lebih suka makeup yang adat Jawa dibanding yang adat Bengkulu. Yang menarik, mukaku tetap mukaku – makeup Mbak Fitri manglingi tapi tidak mengubah wajah. Oh iya, yang buatkan paesku Mbak Fitri juga lho.

Karena semua kain keluarga inti dan beberapa among tamu disupply oleh Sanggar Liza, aku juga melihat kekompakan dan efisiensi timnya Sanggar Liza in action. Mereka juga membawa semua ukuran yang pas dan sesuai sama yang kita pesan. Mama dan adik-adikku juga makeupnya bagus dan bahkan Mbak Fitri sempat terjun sendiri untuk makeup mertuaku.

Aku mengurangi poin 0.5 hanya karena team yang memegang keluarga laki-laki tidak seahli team perempuan. Di hari H, baju ASK (penganten pria) malah kesempitan dan akhirnya Mbak Fitri yang langsung turun tangan untuk menjahit. Team yang laki-laki tidak begitu tahu harus berbuat apa dan ini sempat bikin panik. Kami sangat beruntung karena kami ada Mbak Fitri disana yang bisa langsung handle masalah dan mengambil keputusan on the spot. Selebih dari itu menurutku Sanggar Liza memenuhi ekspektasi kami. Oh iya, di weekend acaraku Sanggar Liza handle sampai 20 acara lho! Aku sudah deg-degan takut acaraku tidak kepegang tapi alhamdulillah banget itu tidak terjadi.

Adat Bengkulu: Sanggar Tien Hasyim (10/10) – AS&ASK Recommended!

Di Jakarta, sanggar yang meng-handle penganten adat Bengkulu memang belum banyak. Nah, salah satunya adalah Sanggar Tien Hasyim yang memang sudah lamaaaa berkecimpung di dunia wedding adat Bengkulu. Sanggar ini yang menyiapkan semua keperluan adat Bengkulu ku di hari H, mulai dari gendang serunai, katil di acara inai curi, pemasangan sunting dan semua aksesoris penganten, pemasangan sunting untuk para penerima tamu, serta penyewaan baju kurung untuk bridesmaids aku.

Pokoknya Tante Tien top deh meng-handle semuanya dan aku super rekomen Tante Tien. Nomor telfonnya di 0813 8788 1161. Rumahnya di daerah Kalimalang.

4057

Pemasangan sunting Bengkulu by Tante Tien in process. Photo by Fotologue.

Foto dan video: Fotologue Photo (10/10) – AS&ASK Recommended!

Instagram Fotologue

Youtube Fotologue

Fotologue adalah salah satu vendor favorit kami! Pokoknya kami senang banget deh telah memilih Fotologue. Kualitas foto-fotonya bagus banget (even tanpa diedit juga sudah bagus dan kami dikasih fotonya hanya 2 hari setelah acara sudah bisa lihat dan pilih), video SDE-nya jugaaa bagus, dan terlebih lagi, Mas Dimas and team tuh bener-bener ga banyak omong tapi kerjanya bagus dan selalu semangat sampai malam. Kami menawarkan Mas Dimas kamar hotel di hari H supaya mereka bisa istirahat, dan mereka cuman bilang: ‘udah, ga usah mikirin kita.’ Mereka santai-santai saja duduk di meja yang mereka set-up dekat pelaminan. Karena Fotologue bukan rekanan gedung, kami membayar extra demi menyewa mereka and it was all super worth it. Duh, pokoknya we can’t thank Fotologue enough deh. Kami super rekomen mereka!

Oh iya, Instagram Fotologue memang sudah jarang update. Tapi, no worries. Kalian bisa langsung liat ke tagged photos mereka kok untuk melihat foto-foto terbaru. Youtube mereka juga update dengan video-video terbaru. Oh iya, kelebihan Fotologue adalah ownernya (Mas Dimas) terjun langsung untuk mengambil foto-foto dan fotografer lainnya juga foto-fotonya hasilnya bagus. Fotografer lain belum tentu lho ownernya turun langsung dan kualitas antar fotografer lebih variasi. Berikut sedikit foto-foto dari mereka di acara kami.

Musik dan entertainment: All Star Music Entertainment (10/10) – AS&ASK Recommended!

Instagram All Star Music Entertainment

Tadinya ya, kami mikirnya kan musik dan entertainment sebetulnya penting-penting nggak. Namun, seperti yang sudah aku ceritakan di blogpost sebelumnya, resepsi siang aku itu rame banget, dekornya ada yang belum selesai, dan pas awal flownya agak berantakan. Ini cukup bikin aku stres di pelaminan sih.. Hehehe. Nah, surprisingly, yang amat sangat membantu itu mendengar lagu-lagu dari All Star – terutama lagu yang aku request. Mungkin dari 20 lagu yang mereka mainkan, aku cuman bisa ngeh dengar 3-4, tapi memang kualitas All Star bener-bener top notch banget. Musiknya halus, dan penyanyi mereka Sondang dan Taura itu suaranya kuat dan kereeeen. Banyak lho tamu-tamu yang memuji All Star (dan pilihan lagu aku, hehehehe…).

Oh iya, beberapa hari sebelum acara, Mas Panji menanyakan aku untuk mengirimkan lagu Bengkulu Ding Kediding Ngambin Umbut, karena mereka tidak bisa menemukan lagunya di Youtube. Pada hari H, aku betul-betul impressed mereka bisa recreate lagu itu dengan meriah dan sempurna. Bahkan, bahasa Bengkulu nya pas lho!

Terima kasih banyak untuk Mas Panji and team! Kami super rekomen All Star. Mas Panji terkadang agak slow response dihubungi, tapi it’s all worth it. Trust us!

4973

All Star in action. Photo by Fotologue.

MC: Tia Monica & Kemal Bunder GenFM (10/10) – AS&ASK Recommended!

Tante Tia memang sudah lama menjadi profesional MC, jadi dia memang sudah tau semua tentang per-MC-an wedding di Indonesia. Kalau dengan Tante Tia, sudah tidak perlu lagi memberi tahu apa-apa karena dia sudah terbiasa sekali. Pokoknya terima beres deh. Tante Tia suaranya memang berat-berat formal gitu, aku suka banget dan nggak menyesal pilih Tante Tia. Nah, Tante Tia kan kami pasangin dengan Kemal Mochtar Gen FM di resepsi kami. We were pleasantly surprised ternyata mereka berdua nyambung banget! Kami sudah takut karena Tante Tia kan lebih formal, sedangkan Kemal kan orangnya lucu-lucu gitu. Ternyata, Tante Tia bisa nyahutin jokes dari Kemal dan malah bikin suasana jauh lebih hidup. Seneng banget dengan kombo Tante Tia – Kemal!

Untuk Kemal, kami juga bener-bener bersyukur banget bisa berjodoh dengan Kemal untuk menjadi wedding MC kami. Dia orangnya lucu banget, smart banget, dan bisa banget ngebawa suasana pesta jadi meriah. Bahasa Inggrisnya pun top notch (Tante Tia juga). Bahkan teman-teman bule kami juga bilang mereka sangat enjoy Kemal dan sudah menyangka kalau dia adalah radio presenter dari gayanya. Bahkan, Kemal sempat ajak aku dan ASK ketemuan beberapa hari sebelum hari H untuk mengetahui perjalanan cinta kami. Nah, kemudian di resepsi, Kemal menceritakan ini ke tamu berdua dengan Tante Tia. Jokes-nya Kemal juga lucu-lucu dan gak jayus ataupun berbau pornografi (ini big no no buat aku).

Tadinya, kami sempat bimbang apakah mau bayar lagi untuk Kemal, karena kami sudah book Tante Tia duluan. We made the right choice by booking him. So, kalau ada yang masih bimbang nih mau pakai Kemal apa nggak, kalau kalian ingin pesta yang meriah dan bikin tamu enjoy ketawa-ketawa, we super duper recommend Kemal.

Kemal

Tante Tia and Kemal Mochtar in action. Photo by Fotologue Photo.

Virtual Photobooth: Lovebites (10/10)

Aku sudah pernah membahas soal Lovebites dan cara kerja mereka disini. Nah, I must say I really was pleasantly surprised with their performance! Tamu-tamuku pada memuji mereka dan pada senang banget bisa upload Instagram. Hashtag pernikahan aku sampai ada lebih dari 650 posts di Instagram dan aku tidak bosan melihat-lihat foto-foto dari tamu. Win-win situation banget deh. Aku rekomen mereka banget kalau tidak mau memakai photobooth traditional yang antri dan gitu-gitu saja.

Segitu dulu yaa review vendornya. Aku berusaha jujur sebisa mungkin sesuai pengalaman kami. Pengalaman penganten lain mungkin tidak sama dengan kami. Semoga membantu kalian yang masih bingung mencari vendor!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s